Selasa, 14 April 2009




FIGUR KH. ABDUL MANNAN
Pendiri Pesantren Minhajut Thullab


KH. Abdul Manan lahir di desa Gerompol, Kediri sekitar tahun 1870 M. Setelah menginjak dewasa beliau mulai belajar ilmu agama di beberapa pondok di daerah jawa timur, Beliau juga mondok di MAKKAH selama 9 tahun.
Sepulangnya dari tanah suci Beliau mondok lagi di daerah Jalen, Genteng, Banyuwangi di pondok asuhan Mbah Yai Abdul Basyar. Setelah itu, beliau pindah ke sumber beras, lalu beliau mendirikan Pondok Pesantren “Minhajut Thullab” tepatnya pada tahun 1932 M. Awalnya beliau mendirikan gubug sederhana, dan mempunyai tujuh santri. Pada tahun 1945 beliau membangun jam’iyyah. Pada tahun 1951, dibuka MI Miftahul Mubtadiin, pada tahun 1971 didirikanlah MTs Miftahul Mubtadiin, kemudian pada tahun 1976 didirikanlah TK Khodijah. pada tahun 1979 M., tepatnya 15 Syawal beliau pulang ke Rahmatullah.

Usaha Lanjutan

Sepeninggal KH. Abdul Manan, Pondok diteruskan oleh putranya KH. Abdul Malik Luqoni Manan bersama kedua adiknya, KH. Fahrudin Manan dan KH. Thoha Muntaha. pada tahun 1985, didirikanlah SMA Al-Hikmah.
Pada tahun 1989, KH. Thoha Muntaha membuka cabang di Krikilan, Glenmore. Dengan Nama BPUI Minhajut Thullab yang didalamnya dikelola MI Nurul Huda. Pada tahun 1995, Mendirikan SMPN 3 Glenmore, pada tahun 1999 MI Nurul Huda diganti Menjadi SDN 09 Tegalharjo, dan pada tahun 2001 mendirikan SMAN 1 Glenmore dengan konsep “Pesantren berbasis Sekolah Negeri, dan Sekolah Negeri berbasis Pesantren”.

PERKEMBANGAN PESANTREN MINHAJUT THULLAB DAN JARINGANNYA

1. PENGEMBANGAN PESANTREN

Dalam usaha mengembangkan dakwah di tanah air, Minhajut Thullab mendirikan cabang-cabangnya di :

1. Candimulyo, Dolopo, Madiun, pada tahun 2001. dengan aktivitas pesantren, Panti Asuhan, SMK, dan MTs. Dipimpin oleh Drs. KH. Wahib Siddiq.

2. Temuireng, Damarblandong, Mojokerto, pada tahun 2002. dengan aktivitas pesantren, Madin, MTs, dan MA. Dipimpin oleh KH. Mundir Masruri.

3. Margayu, Way Jepara, Lampung Timur. Pada tahun 2006. dengan aktivitas : Pesantren, Madin, SMP, SMA Integral. Dipimpin oleh Fahimul Fuad M.Hi

4. Pucu’an Tanggul Kulon, Tanggul, Jember. Pada tahun 2007. dengan aktifitas : pesantren, TK, MTs, MA, Madin. Dipimpin oleh KH. Fahrurozi, MA.
5. Andolo Utama, Buke, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Pada tahun 2008. dengan aktifitas : Pesantren, MI, TPQ, Madin, MTs, MA. Dipimpin oleh Ustadz. Moh. Wildan Habibi

6. Priyan, Muara Muntai, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Pada tahun 2008. dengan Aktifitas : Pesantren, Madin, TK, MTs, SMA, Rumah Sakit. Dipimpin Oleh : Drs. KH. Wahib Siddiq.

7. Sidomulyo, Mesuji B, Tulang Bawang, Lampung. Pada tahun 2009. dengan aktifitas : Pesantren, Madin. Dipimpin Oleh M. Hadziq Qulubi, S.Pi

2. PENGEMBANGAN AMAL SHOLEH SOSIAL


1. SANTUNAN DHUAFA
Dalam usaha pengembangan amal Sholeh sosial, BPUI Minhajut Thullab bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, Baznas, serta Masyarakat mempunyai dua agenda. Pertama, setiap akhir Ramadhan. Kedua, Setiap Wisuda Marhalah Tsaniyah. total Santunan yang telah diberikan berjumlah Rp. 450.000.000 (Empat Ratus Lima puluh Juta Rupiah) mulai tahun 2007 – 2009. Dan jumlah Mustahiq mencapai 2.000 orang.
2. BINA USAHA DHUAFA dengan memberi modal @ Rp. 500.000,- untuk 25 orang
3. BEASISWA UNTUK 10 ORANG.

3. PENGEMBANGAN EKONOMI


1. PENDIRIAN BMT LANAA (unit jasa keuangan syariah) dengan total asset Rp. 300.000.000 (Tiga Ratus Juta Rupiah)
2. Pendirian pertokoan grosir dan eceran
3. Pendirian Toko Bangunan dan Listrik
4. Pendirian Bengkel Sepeda motor

4. PENGEMBANGAN DAKWAH


1. BINA MASJID LINGKUNGAN, di Wilayah Lampung Timur.
2. PENERBITAN BULETIN DAKWAH AD-DHUHA, di Banyuwangi, Konawe Selatan, Lampung Timur, dan Kutai Kartanegara. terbit tiap Jum’at, Dengan oplah 300 eksemplar dan dibagikan secara gratis.
3. PENGAJIAN AHAD PAGI AD-DHUHA, di Banyuwangi, Lampung Timur, Konawe Selatan, dan Kutai Kertanegara
4. PENGAJIAN BA’DA JUM’AT, di Muncar.

5. KADERISASI


1. PEMBEKALAN MUJAHID DAKWAH
2. BKN (Belajar Kerja Nyata), Pengabdian Masyarakat untuk Santri Marhalah Tsalisah di BPUI Minhajut Thullab dengan mengajar di TPQ Sekitar.
3. BINA SILLATURRAHIM ALUMNI



6. RENCANA JANGKA PENDEK


1. PENDIRIAN STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) di Lampung Timur. 2009
2. PENDIRIAN SMK di Sumber Beras, Muncar. 2009
3. PENDIRIAN BMT di Krikilan, Glenmore. 2009
4. PENDIRIAN MADRASAH ALIYAH INTEGRAL, di Krikilan. 2010

6. STIMULUS DANA

Untuk pengembangan pesantren Minhajut Thullab di seluruh Nusantara saat ini dibutuhkan dana Rp. 25.000.000.000,- (Dua Puluh Lima Milyar Rupiah). Partisipasi para Muhsinin, dan Alumni sangat diharapkan. Semoga Allah memberikan kemudahan rezeki kepada semua ummat islam.

Salam Ta’dhim,
Dewan Komisaris


KH. Kamaluddin Mannan,
KH. Fahrudin Mannan,
KH. Thoha Muntaha Mannan

INFORMATION CENTRE :

HP. 081336393045 (in’am)
E-MAIL : bpui_mt@yahoo.com
ypp_mt@yahoo.co.id
Website : minhajut-thullab.blogspot.com
Addhuha-magz.blogspot.com

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories